Welcome to the Neo Area

Di blog ini, saya akan menampilkan artikel-artikel saya, buku harian saya, dan catatan-catatan tentang saya, disini saya juga akan mengisi berita-berita dan artikel tentang masalah, Ac Milan, Persebaya, Timnas Indonesia, dll. saya akan berusaha membuat blog ini kental akan sepak bola,,

Selasa, 26 Oktober 2010

LPI Bagaimana Sebenarnya?

Jakarta - Liga Primer Indonesia (LPI) sudah mendeklarasikan dirinya secara terbuka di Semarang kemarin. PSSI tetap menganggapnya "ilegal", banyak klub juga membantah mengikuti kompetisi tersebut. Bagaimana ini?

Pada saat launching tersebut, LPI yang digagas pengusaha Arifin Panigoro dipastikan akan mulai digelar pada 9 Januari 2011. Sebanyak 20 klub diklaim menjadi peserta, 17 di antaranya sudah menandatangani kesepakatan dan hadir di acara peluncuran tersebut.

PSSI melalui ketua umumnya Nurdin Halid bersikeras bahwa klub-klub anggotanya tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi yang tidak dinaungi organisasinya. Ia bahkan menyebut LPI sebagai kompetisi "tarkam".

Beberapa klub yang diklaim LPI sudah menjadi anggotanya juga hampir selalu membantah, terutama mereka yang sedang bermain di Indonesian Super League (ISL).

Tiga klub yang berbasis di Kalimantan, misalnya. Persisam Putra Samarinda, Persiba Balikpapan dan Bontang FC membantah mereka sudah mengikatkan diri dengan LPI.

"Itu kompetisi apa? Kompetisi tarkam?" kata General Manager Persisam Harbiansyah Hanafiah kepada wartawan hari Senin (25/10) kemarin. "Bagi yang ikut LPI, kembalilah ke jalan yang benar (laga resmi PSSI)."

Manajer umum Bontang FC, Andi Faisal Hasdam, juga begitu. Ia menegaskan bahwa timnya tidak ikut LPI.

Andi mengaku mendapat undangan dari pihak LPI untuk mengikuti kompetisi tersebut. Ia menilai, meski gagasan dan pola kompetisi Liga Primer Indonesia sedikit lebih baik dari kompetisi yang ada saat ini,n amun kompetisi tersebut belum saatnya digelar.

"Tapi, meski ada undangannya, Bontang FC tidak pernah menyatakan ikut atau tidak bergabung ke liga primer," ujar Andi.

Sekretarius Umum Persiba, Irvan Taufik, yang menghadiri acara deklarasi LPI di Semarang, juga mengutarakan sanggahannya.

"Saya memang datang ke deklarasi di Semarang, memenuhi undangan. Tapi tidak ada komitmen apapun dari Persiba," kata Irvan.

Ia menambahkan, urusan LPI ini akan ia bawa ke rapat pengurus Persiba. “Tapi kembali saya tegaskan, Persiba tidak ikut LPI," tukasnya dalam wawancara dengan wartawan termasuk detiksport dari Samarinda kemarin.

Detiksport juga beberapa kali mencoba menghubungi direktur LPI Bidang Liga, Arya Arbhiseka, tapi sampai saat ini telelpon tidak diangkat atau nadanya sibuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar