Welcome to the Neo Area

Di blog ini, saya akan menampilkan artikel-artikel saya, buku harian saya, dan catatan-catatan tentang saya, disini saya juga akan mengisi berita-berita dan artikel tentang masalah, Ac Milan, Persebaya, Timnas Indonesia, dll. saya akan berusaha membuat blog ini kental akan sepak bola,,

Jumat, 24 Desember 2010

Arifin Panigoro: Beginilah Sepakbola Indonesia Seharusnya

Jakarta - Sebagai penggagas Liga Primer Indonesia, Arifin Panigoro berbicara panjang lebar mengenai gagasannya itu. Apa alasannya membentuk LPI?

LPI yang sudah lama didengung-dengungkan itu akhirnya melakukan peluncuran resmi pada hari Rabu (22/12/2010) malam WIB di Hotel Kempinski, Jakarta. Acaranya berlangsung mewah, dengan jamuan makan malam, live music dan banyak orang penting datang.

Orang-orang penting yang dimaksud adalah walikota-walikota yang klub dari kotanya ikut berlaga di LPI dan beberapa muka tenar di dunia sepakbola Indonesia. Salah satu di antara muka tenar itu ada juga Luciano Leandro, gelandang yang sempat ngetop di Liga Indonesia bersama Persija Jakarta.

Dalam rilis yang diberikan, Arifin mengatakan, "LPI merupakan langkah awal menuju profesionalisme dan kemandirian sepakbola Indonesia." Tapi dalam sambutannya pada acara peluncuran tersebut, ia mengucapkan banyak hal mengenai liga yang akan bergulir pada 8 Januari 2011 ini.

Selain kembali mengulangi niatannya untuk membentuk liga yang profesional dan menjunjung tinggi fair play, ia juga mengungkapkan niatnya agar LPI bisa menjadi wadah pembinaan pemain-pemain muda.

"Saya kira yang kita inginkan adalah pertandingan yang fair play, yang profesional. Karena sepakbola adalah olahraga yang paling terkenal di seluruh dunia," ujarnya.

"Sapakbola tak usah diragukan lagi dukungannya. Hampir 99,5% orang di Indonesia gila bola."

"Ini adalah perubahan. Kita ingin sepakbola kita bangkit lagi. Tapi ada beberapa pilar yang tak bisa berdiri dengan sendirinya. Harus ada pembinaan."

"Waktu saya ke Johannesburg, menyaksikan (final Piala Dunia, red) Spanyol vs Belanda, saya bertanya, 'Andres Iniesta sudah bermain sejak usia berapa?' ternyata dia sudah bermain sejak usia 10 tahun," tukasnya.

LPI sendiri menyatakan bahwa klub-klub yang mengikuti liganya tak bergantung pada APBD. Arifin menginginkan setiap klub bisa mandiri melalui pemasukan dari tiket atau merchandise yang dibeli oleh para pendukungnya.

"Inilah, saya kira, bagaimana sepakbola Indonesia seharusnya. Liga yang klubnya dibiayai oleh suporternya sendiri dan sponsornya sendiri," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar