Welcome to the Neo Area

Di blog ini, saya akan menampilkan artikel-artikel saya, buku harian saya, dan catatan-catatan tentang saya, disini saya juga akan mengisi berita-berita dan artikel tentang masalah, Ac Milan, Persebaya, Timnas Indonesia, dll. saya akan berusaha membuat blog ini kental akan sepak bola,,

Jumat, 24 Desember 2010

Bukit Jalil, Lima Tahun yang Lalu

Kuala Lumpur - Indonesia pernah merasakan kenangan indah di Stadion Bukit Jalil. Lima tahun silam, tim Garuda berhasil meraih kemenangan mantap 4-1 dan memastikan tiket ke final.

Indonesia bertemu dengan Malaysia di semifinal Piala Tiger 2004. Dalam laga leg pertama di Jakarta (28/12/2004), tim Garuda kalah 1-2 dari negeri Jiran tersebut.

Tim Merah Putih unggul terlebih dahulu lewat Kurniawan Dwi Yulianto di menit keenam. Namun dua gol Liew Kiet Kong di menit ke-28 dan 47 menghadirkan kekalahan bagi Indonesia.

Itu berarti Indonesia wajib menang di laga leg kedua yang berlangsung di Malaysia, 3 Januari 2005. Beban Indonesia semakin berat usai Khalid berhasil membawa Malaysia unggul terlebih dahulu di menit ke-28 lewat Muhamad Khalid Jamlus. Aksi Khalid membuat Firmansyah terjerembab, Charis Yulianto pun tak bisa menjaga keseimbangan tubuhnya dan jatuh di kotak penalti. Khalid pun tak kesulitan menaklukkan Hendro.

Namun anak buah Peter Withe mampu membalikkan keadaan. Empat gol berhasil dicetak Indonesia dalam kurun waktu 25 menit.

Kurniawan Dwi Yulianto, yang masuk menggantikan Ismed Sofyan berhasil mencetak gol penyama di menit ke-58. Di menit 58 terjadi kesalahan fatal yang dilakukan bek Malaysia Khaironisam. Bola lepas dari kontrolnya dan direbut Kurniawan. Setelah menggiring sedikit, striker Persebaya itu melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung kiper Syamsuri

Indonesia berbalik unggul berkat tandukan Charis Yulianto yang memanfaatkan sepak pojok Boas Solossa.

Ilham Jayakusuma! Menit ke-77 tim Merah Putih semakin memperlebar margin menjadi 3-1 usai Ilham menjebol gawang Malaysia. Gol ini berawal dari umpan lambung Syamsul Chaerudin, bola selanjutnya disundul oleh Kurniawan ke arah Ilham. Ilham kemudian dengan cepat menyongosngnya untuk menjebol gawang Malaysia.

Gol Boas Solossa enam menit menuju peluit panjang memastikan tiket ke final. Umpan dari Elie Aiboy berhasil dimanfaatkan pemain yang bersinar di turnamen tersebut.

Susunan Pemain

Malaysia : Mohd Syamsuri Mustapha , Norhafiz Zamani Misbah, Wan Rohaimi Wan Ismail, Mohd Fadzli Shaari, Mohd Amri Yahyah, Liew Kit Kong (Nor Fazly Alias), Muhammad Shukor Adan, K. Nantha Kumar, Muhammad Khaironisam (Mohd Nor Ismail), Rosdi Talib, Mohd Khalid Jamlus.

Indonesia : Hendro Kartiko , Ismed Sofyan (Kurniawan Dwi Yulianto), Ortizan Salossa, Charis Yulianto, Firmansyah, Muhammad Mauli Lessy, Syamsul Bachri, Ponaryo Astaman, Boas Salossa, Eli Aiboy, Ilham Jaya Kesuma (Aris Indarto)



Keterangan foto: Pemain Indonesia Ortisan Solossa (kanan) saat  bertarung melawan pemain Malaysia Muhammad Shukor Adan di semifinal Piala Tiger di Kuala Lumpur, 30 Januari 2005. (AFP/Tengku Bahar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar