Welcome to the Neo Area

Di blog ini, saya akan menampilkan artikel-artikel saya, buku harian saya, dan catatan-catatan tentang saya, disini saya juga akan mengisi berita-berita dan artikel tentang masalah, Ac Milan, Persebaya, Timnas Indonesia, dll. saya akan berusaha membuat blog ini kental akan sepak bola,,

Sabtu, 27 November 2010

Jelang Piala AFF : Sekitar 1.800 Personil Disiagakan Per Partai

Jakarta - Faktor keamanan jadi aspek penting dalam gelaran Piala AFF. Maka selain melakukan pengamanan rutin untuk ajang berskala internasional, usaha antisipasi tambahan pun dihadirkan di wilayah Stadion Gelora Bung Karno.

Indonesia dan Vietnam menjadi tuan rumah gelaran Piala AFF 2010 yang mulai digulirkan Desember mendatang. Indonesia kebagian menggelar laga-laga Grup A yang dihuni oleh Malaysia, Thailand, Laos dan Indonesia sendiri.

Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta akan menjadi tempat dilangsungkannya seluruh pertandingan yang melibatkan Tim Merah Putih sedangkan Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang menjadi penyokong, menggantikan Si Jalak Harupat, Bandung.

Untuk pengamanan gelaran tersebut, pihak Local Organizing Commite (LOC) atau Panitia Lokal di Indonesia telah berkoordinasi dengan mabes Polri dan juga SeatAdvisor yang digandeng untuk mengurusi pengelolaan tiket.

SeatAdvisor ikut turun dalam pengamanan karena turut melakukan pemeriksaan tiket di area stadion Gelora Bung Karno. Sementara pihak kepolisian dibantu panitia lokal ikut menyiagakan personil untuk berjaga-jaga.

"Untuk ajang internasional ada standarnya sendiri. Standar dari Polda itu sejumlah 1500 personil, tapi bisa ditinjau lagi, bisa saja berkurang," terang Deputy Chairman bagian Keamanan Piala AFF Nugroho Setiawan dalam konperensi pers di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/11/2010).

"Juga ada internal security, dari volunteer-volunteer yang per partai berjumlah 200-300. Jadi total 1800-an (per partai)," lanjut Nugroho.

Stadion GBK juga akan menjadi tempat duel antara tuan rumah kontra timnas Malaysia. Mengingat hubungan kedua negara yang acap "panas", pengamanan terhadap tim Malaysia dan pendukungnya pun telah dibicarakan secara khusus kendati tak ada pengamanan spesial nantinya.

"Polda sudah memberi jaminan untuk timnas datang dan pulang, juga pengaturan suporter. Tidak akan ada treatment khusus, sama saja seperti saat ada timnas Australia dan Uruguay."

"Interaksi tetap bisa dilakukan, tapi ada batasan jika melihat munculnya eskalasi yang bisa berujung kepada gangguan fisi," papar Nugroho.

GBK Gunakan Sistem Ring

Agar situasi berjalan kondusif dan teratur, sistem ring pun bakal diberlakukan di wilayah stadion saat pertandingan dihelat di GBK nanti. Walhasil, tidak mudah untuk memasuki ring-ring terdalam jika memang tidak berkepentingan.

"SeatAdviser akan melakukan pemeriksaan tiket, cuma yang punya tiket yang bisa masuk jogging track. Calon penonton harus paham betul itu."

"Yang mau lari tetap boleh, pasti kostumnya beda. (Tapi) Sterilisasi akan mulai dilakukan sekurangnya pukul 12.00 pada hari H. Lagipula kalau ada pertandingan biasanya juga tidak ada yang jogging," simpul Nugroho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar